Rabu, 29 April 2015

E - Commerce

A. Pengertian E-Commerce

     E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.
     E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.
     Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.


B. Kelebihan E-Commerce

    Ada tiga aspek kelebihannya, yaitu:
1. Kelebihan bagi organisasi :
a. Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
c. Meningkatkan Brand perusahaan
d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan bagi pelanggan :
a. Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
e. Dapat memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan bagi masyarakat :
a. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
b. Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
c. Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik


C. Kekurangan E-Commerce

     Sementara kekurangannya dalam dua aspek, yakni:
1. Kekurangan dari segi teknis
a. Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
d. Kesulitan dalam integrasi sistem
e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem
2. Kekurangan dari segi non-teknis
a. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap      transaksi secara online
d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.

D. Pengalaman Penulis

     Saat itu saya melihat iklan dari salah satu online shop terbesar di Indonesia. Karena rasa penasaran, saya mengklik iklan tersebut dan muncullah beberapa barang dengan berbagai macam merk dan harga. Lalu, saya melihat sebuah case untuk gadget yang sedang diskon 30%. Dengan senangnya, karena kebetulan juga saya sedang mencari case untuk gadget saya, saya membuka rincian dari gambar case yang ditawarkan. Disana jelas tertulis rincian – rincian bahan dan kelebihan case tersebut. Semua membuat saya semakin yakin untuk membelinya. Saya pun mengikuti semua tahap pembelian, sudah tertulis lengkap nomor rekening untuk pembayaran dan juga tertulis keterangan 1-2 hari barang tersebut akan sampai.Setelah semua selesai, saya segera mentransfer uang sejumlah harga case tersebut.  membeli sebuah case untuk gadget saya.
       Saya menunggu lebih dari 2 hari. Padahal mereka mengatakan barang dikirim dan tiba 1-2 hari dalam hari kerja. Lalu saya mencoba berpikir positif. Mungkin karena saya memesan di hari Rabu, barangnya terlambat dan akan dikirim lagi di hari Senin. Hari Senin, barang yang saya pesan tidak sampai juga. Saya mencoba berpikir positif lagi, mungkin mereka tadinya sudah mengirim barang tetapi kebetulan orang – orang dirumah tidak ada. Benar saja, keesokan harinya, hari Selasa, barang tiba. Tidak sabar, saya langsung membuka bungkusannya. Hasilnya mengecewakan. Bentuk case tersebut, berbeda dengan apa yang ada pada gambar. Mengingat kelebihan case tersebut adalah terdapat magnet yang otomatis dapat mengunci gadget kita dengan hanya menutupnya, saya pun kembali mencoba case tersebut untuk dipasangkan. Lagi lagi, hasilnya sangat mengecewakan. Memang benar disana terdapat magnet, tetapi magnet tersebut hanya berfungsi untuk menutup case tanpa mengunci layar gadget dengan otomatis.
        Tidak puas, saya mencoba menghubungi nomor yang tercantum di iklan tersebut untuk menyampaikan keluhan saya. Mereka merespon dengan baik dan meminta saya untuk mengirimkan kembali barang tersebut dan mereka akan menukarkan dengan yang lain. Saya pun percaya dan berharap barang yang telah ditukarkan nanti dapat berfungsi maksimal seperti yang dikatakan pada rinciannya. Barang yang telah digantikan pun sampai. Memang terlihat mereka benar – benar menggantinya. Tetapi, lagi dan lagi barang tetap mengecewakan. Sama saja. Tidak berfungsi mengunci otomatis. Sejak saat itu, saya kurang mempercayai online shop dalam bentuk tawaran apapun. Besar dan kecilnya usaha online shop tersebut, dikenal atau kurang dikenalnya online shop tersebut, sama sekali tidak menjamin kualitas barang yang ditawarkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor