TULISAN I
Dalam tugas kali ini, saya akan
membuat ringkasan mengenai penulisan ilmiah saya yang berjudul “Aplikasi Pengenalan
Alfabet Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android”.
Seperti yang kita ketahui, bahasa
Inggris adalah bahasa Internasional yang dapat kita gunakan jika kita berada di
negara manapun. Tidak perlu berpikir jauh, di Indonesia sendiri dalam dunia
kerja sekarang, sangat mementingkan pegawai atau karyawannya bisa menguasai
bahasa Inggirs.
Ide yang saya dapatkan untuk
membuat aplikasi ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Karena
bahasa Inggris termasuk ke dalam bahasa Internasional yang wajib kita kuasai
jika kita ingin berpergian keluar negeri, saya sangat terobsesi pada bahasa
Inggris. Saya belajar dan dapat berbahasa Inggris sebagian besar adalah karena saya
selalu mendengarkan musik dan menonton film dalam bahasa Inggris. Rasa kesukaan
saya terhadap bahasa Inggris inilah yang saya jadikan motivasi untuk adik-adik
saya. Saya juga ingin adik-adik saya dapat berbahasa Inggris dari dini. Karena menurut
saya anak yang belajar dari dini lebih
cepat menyerap apapun yang mereka lihat dan dengar dan saya pun mencobanya
mulai dari mengenalkan mereka alfabet dengan cara mengucapkan A sampai dengan
Z, hingga angka.
Dalam pembuatan aplikasi
menghabiskan waktu 3 minggu karena saya mengerjakannya hanya sedikit setiap
harinya. Pembuatannya harus penuh dengan konsentrasi dan ketelitian. Selain
itu, kita dituntut harus merancang semaksimal mungkin karena aplikasi ini
berkaitan dengan anak dan tumbuh kembangnya. Jadi, semua rancangan harus
mendukung rasa tertarik anak agar mau belajar dan tidak mudah bosan.
Software yang saya gunakan dalam
membuat aplikasinya adalah blender untuk membuat alfabet A sampai Z, dan Unity
3D juga Vuforia untuk membuat animasi dan memasukkan suara.
Metode yang saya gunakan adalah
metode penelitian. Saya harus bertanya dan mencoba langsung mengenalkan pada
anak-anak usia dini agar saya dapat mengetahui apa yang saya butuhkan pada
aplikasi pengenalan alfabet dalam bahasa Inggris ini. Pertama, harus membuat
tampilan seunik mungkin untuk membuat anak-anak tertarik. Kemudian cara pembelajaran
yang menyenangkan dengan menampilkan warna-wana yang beragam dan diikuti dengan
gambar yang menarik.
Ada beberapa metode yang
digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan
dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun
subdivision. Modeling polygon
merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap
polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon
sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Sedangkan untuk
aplikasi saya, saya menggunakan huruf yang sudah tersedia atau memasukkan Text
dari blender.
Kelebihan aplikasi ini sendiri
adalah dengan design yang menarik dan terdapat musik pada setiap tampilannya tentu
akan membuat anak-anak mereasa tertarik untuk belajar. Sangat praktis karena
berbasis Android sehingga dapat diinstall pada gadget, tablet, dan laptop.
Selain itu, cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan mengarahkan kamera
yang telah terinstall dengan aplikasi pada marker yang telah disediakan, kita
dapat langsung mengajarkan adik atau anak dengan menekan tombol alfabet apa
yang ingin kita kenalkan atau ajarkan. Akan muncul alfabet dengan gambar yang
akan mengeluarkan suara sesuai dengan pengucapan dalam bahasa Inggris.
Saat ini adalah masa dimana
teknologi sudah berkembang. Bahkan, teknologi sudah mulai menguasai seluruh
penjuru dunia dengan semua kecanggihannya. Tidak terkecuali dalam dunia
edukasi. Sekarang cukup banyak aplikasi yang menawarkan berbagai cara untuk
memudahkan kita belajar, mulai untuk usia dini sampai dewasa. Bentuknya juga
beragam. Disini, saya menawarkan salah satu cara pembelajaran yang praktis
untuk anak di usia dini dalam mengenali bahasa Internasional yaitu Bahasa
Inggris. Aplikasi ini bernama “Aplikasi Pengenalan Alfabet Dalam Bahasa Inggris
Berbasis Android”, yang mana sangat diharapkan dapat membantu orangtua yang
ingin memudahkan cara belajar anak.
Aplikasi ini menyajikan alfabet-alfabet
dengan disertai gambar yang membuat anak tidak bosan dan ingin untuk
mengetahuinya lebih dalam. Selain itu, dengan suara cara pengucapan yang benar
pada aplikasi ini, cukup membuat anak tertarik dan mau mengikutinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar