Senin, 10 Oktober 2016

Tugas I ( Pengantar Bisnis Infomatika )

TUGAS I


1.   Definisi Umum

A.   Definisi Bisnis Secara Umum

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.


B.    Definisi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Secara Umum

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar triminologi yang mencakup semua keperluan teknis untuk memperoses dan menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi memiliki perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan informasi antar media.
Istilah TIK ada setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan teknologi tersebut berkembang sangat pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Sampai awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.


C.   Definisi Bisnis Informatika

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.




2.   Krispy Kreme

A.   Kelebihan dari E-commerce ( Krispy Kreme )

Salah satu kelebihan website ini yang paling tampak adalah tampilan awal Krispy Kreme. Pada tampilan awal ini terdapat pilihan menu yaitu :


§  Menu untuk pilihan makanan atau minuman yang akan kita beli.

§  Locate atau lokasi yang menginformasikan keberadaan Krispy Kreme agar memudahkan pelanggan mengetahui lokasi Krispy Kreme. 

§  Invite Us, yang mana disini kita dapat memesan Krispy Kreme untuk datang ke lokasi atau tempat yang kita inginkan untuk berbagai acara seperti acara keluarga, pertemuan bisnis, pernikahan, anniversary dan lain-lain. Tetapi, untuk acara ulang tahun kita dapat mengadakan acara tersebut di toko Krispy Kreme yang khusus mereka sediakan. Disana juga terdapat form data pelanggan yang ingin memesan.

§  About disini, mereka menceritakan tentang took mereka di dalam lingkup Internasional, Indonesia dan cerita lainnya.

§  Careers atau karir disini, menginformasikan setiap lowongan untuk pegawai baru yang berminat yang disediakan di Krispy Kreme. Selain itu untuk yang berminat dan ingin mendaftar, Krispy Kreme memudahkan para calon pendaftar untuk tidak harus menghampiri Krispy Kreme karena mereka langsung menyediakan form bagi para calon pendaftar yang nanti akan dihubungi oleh pihak Krispy Kreme.

§  Contact Us, menyediakan layanan untuk para pelanggan melalui mail atau telepon yang ingin memberi komentar, complain atau feedback bagi Krispy Kreme sehingga pelanggan bisa menyampaikan setiap pendapat mereka tentang pelayanan, dan lain-lain.

§  Yang paling menarik dari website Krispy Kreme ini adalah mereka juga melampirkan keterangan pada tiap menu makanan atau minuman mereka yang akan meyakinkan para pelanggan, seperti dibawah ini.


B.   Kekurangan dari E-commerce ( Krispy Kreme )

§  Kripy Kreme tidak melayani pesan antar ( delivery ) diatas jarak 5km sehingga para pelanggan yang berada jauh dari took harus mendatangi Krispy Kreme langsung atau dapat melalui layanan dari aplikasi seperti Gojek, Grab bike, dan lain-lain.

§  Layanan delivery Krispy Kreme hanya melayani pembelian diatas 5 kotak donat Krispy Kreme.
§  Krispy Kreme tidak mencantumkan harga pada tiap makanan atau minuman yang mereka jual sehingga konsumen tidak dapat mengetahui jumlah harga yang akan dikeluarkan.
§  Krispy  Kreme tidak menyediakan bahasa selain bahasa Inggris. Bagi konsumen yang tidak menguasai bahasa Inggris mungkin terasa sedikit sulit mengetahui menu-menu yang tersedia.


3.   Perkembangan Bisnis Informatika

A.   Perkembangan Bisnis Informatika Indonesia

Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.

Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuh kan hardware yang berukuran sangat besar,tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database,internet,game online,jual beli online,situs jejaring sosial dan lain lain.

Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.

Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor tersebut. cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking ( sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.

Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.



B.    Perkembangan Bisnis Informatika Dunia

Mungkin setiap orang saat ini sangat bergantung sekali kepada komputer, keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.


Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK.

Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita pun begitu, sekarang, tidak sedikit negara yang menyerahkan teknologi informasi dan komunikasi kepada wanita, wanita dinilai lebih cekatan dalam mengembagkan bisnis di bidang TIK.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan dating.

TIK pun sekarang digunakan di bidang ekonomi, upaya keras dari pemerintah untuk membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi ekonomi-sosial masyarakat dan sektor produksi. Oleh sebab itu pemerintah berupaya keras untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Secara teknis cara ini telah berhasil membuat fasilitas telekomunikasi menjangkau seluruh wilayah geografis Indonesia (dari Sabang sampai Merauke). Namun keterjangkauan teknis-geografis ini tidak membuat sistem telekomunikasi terjangkau bagi masyarakat, yang merupakan sasaran utama.



DAFTAR PUSTAKA

http://toplintas.com/pengertian-bisnis-secara-umum/
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-secara-umum/
http://ardianfikri.blogspot.co.id/2014/10/definisi-umum-bisnis-informatika.html
http://www.krispykreme.co.id/
http://gyan-bejo.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor