TUGAS I
1. Definisi Umum
A. Definisi Bisnis Secara Umum
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,
untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris
business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu,
komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki
oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan
kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan
imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun
tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif
yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi
pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis
seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan
dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
B. Definisi Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Secara Umum
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar
triminologi yang mencakup semua keperluan teknis untuk memperoses dan
menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi
informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi menliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, pemakian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta
manipulasi informasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan
dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari
perangkat satu ke perangkat lainnya.
Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan
dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi
Komunikasi memiliki perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan yang terkait
dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan informasi antar
media.
Istilah TIK ada setelah adanya perpaduan antara teknologi
komputer (perangkat keras ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi pada
pertengahan abad ke-20. Perpaduan teknologi tersebut berkembang sangat pesat
melampaui bidang teknologi lainnya. Sampai awal abad ke-21, TIK masih terus
mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
C. Definisi Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan
individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan
teknologi informasi seperti internet.
2. Krispy Kreme
A. Kelebihan dari E-commerce ( Krispy Kreme )
Salah satu kelebihan website ini yang paling tampak adalah
tampilan awal Krispy Kreme. Pada tampilan awal ini terdapat pilihan menu yaitu
:
§ Menu untuk pilihan makanan atau minuman yang akan
kita beli.
§ Locate atau lokasi yang menginformasikan keberadaan
Krispy Kreme agar memudahkan pelanggan mengetahui lokasi Krispy Kreme.
§ Invite Us, yang mana disini kita dapat memesan Krispy
Kreme untuk datang ke lokasi atau tempat yang kita inginkan untuk berbagai
acara seperti acara keluarga, pertemuan bisnis, pernikahan, anniversary dan
lain-lain. Tetapi, untuk acara ulang tahun kita dapat mengadakan acara tersebut
di toko Krispy Kreme yang khusus mereka sediakan. Disana juga terdapat form
data pelanggan yang ingin memesan.
§ About disini, mereka menceritakan tentang took mereka
di dalam lingkup Internasional, Indonesia dan cerita lainnya.
§ Careers atau karir disini, menginformasikan setiap
lowongan untuk pegawai baru yang berminat yang disediakan di Krispy Kreme.
Selain itu untuk yang berminat dan ingin mendaftar, Krispy Kreme memudahkan
para calon pendaftar untuk tidak harus menghampiri Krispy Kreme karena mereka
langsung menyediakan form bagi para calon pendaftar yang nanti akan dihubungi
oleh pihak Krispy Kreme.
§ Contact Us, menyediakan layanan untuk para pelanggan
melalui mail atau telepon yang ingin memberi komentar, complain atau feedback
bagi Krispy Kreme sehingga pelanggan bisa menyampaikan setiap pendapat mereka
tentang pelayanan, dan lain-lain.
§ Yang paling menarik dari website Krispy Kreme ini
adalah mereka juga melampirkan keterangan pada tiap menu makanan atau minuman
mereka yang akan meyakinkan para pelanggan, seperti dibawah ini.
B. Kekurangan dari E-commerce ( Krispy Kreme )
§ Kripy Kreme tidak melayani pesan antar ( delivery )
diatas jarak 5km sehingga para pelanggan yang berada jauh dari took harus
mendatangi Krispy Kreme langsung atau dapat melalui layanan dari aplikasi
seperti Gojek, Grab bike, dan lain-lain.
§ Layanan delivery Krispy Kreme hanya melayani
pembelian diatas 5 kotak donat Krispy Kreme.
§ Krispy Kreme tidak mencantumkan harga pada tiap
makanan atau minuman yang mereka jual sehingga konsumen tidak dapat mengetahui
jumlah harga yang akan dikeluarkan.
§ Krispy Kreme tidak menyediakan bahasa selain
bahasa Inggris. Bagi konsumen yang tidak menguasai bahasa Inggris mungkin
terasa sedikit sulit mengetahui menu-menu yang tersedia.
3. Perkembangan Bisnis Informatika
A. Perkembangan Bisnis Informatika Indonesia
Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan
pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan
perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online (
e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih
banyak lagi.
Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di
bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat
terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuh
kan hardware yang berukuran sangat besar,tetapi seiring dengan perkembangan
zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini
sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database,internet,game
online,jual beli online,situs jejaring sosial dan lain lain.
Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak
lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan
banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce
( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin
banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting
pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi
perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. berbisnis di bidang
informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan
software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor
tersebut. cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian
konsumen, networking ( sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang
memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun
didapat.
Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan saat
ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di
indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa
mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang
informatika.
B. Perkembangan Bisnis Informatika Dunia
Mungkin setiap orang saat ini sangat bergantung sekali kepada
komputer, keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, Alat
ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia
pendidikan.
Pengenalan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan
pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan
beragam produk TIK.
Melalui
perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari,
mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan
efektif. TIK akan memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar
pengalaman dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita
pun begitu, sekarang, tidak sedikit negara yang menyerahkan teknologi informasi
dan komunikasi kepada wanita, wanita dinilai lebih cekatan dalam mengembagkan
bisnis di bidang TIK.
Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap
inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan
mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara tepat dan
optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan dating.
TIK pun sekarang digunakan di bidang ekonomi, upaya keras
dari pemerintah untuk membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan
telekomunikasi di Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi
ekonomi-sosial masyarakat dan sektor produksi. Oleh sebab itu pemerintah
berupaya keras untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi sampai ke
seluruh lapisan masyarakat. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui
badan usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan
telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Secara teknis
cara ini telah berhasil membuat fasilitas telekomunikasi menjangkau seluruh
wilayah geografis Indonesia (dari Sabang sampai Merauke). Namun keterjangkauan
teknis-geografis ini tidak membuat sistem telekomunikasi terjangkau bagi
masyarakat, yang merupakan sasaran utama.
DAFTAR PUSTAKA
http://toplintas.com/pengertian-bisnis-secara-umum/
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-secara-umum/
http://ardianfikri.blogspot.co.id/2014/10/definisi-umum-bisnis-informatika.html
http://www.krispykreme.co.id/
http://gyan-bejo.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar