Bisnis Online Shop
Pada saat ini, perkembangan perangkat mobile telah pesat,
begitu pula dengan perkembangan bisnis online yang lebih dikenal dengan online
shop. Mulai dari menjual jasa, kebutuhan sehari – hari, sampai menjual barang –
barang import. Saat ini telah banyak aplikasi dan akun untuk perangkat mobile
yang menjual barang secara online, namun untuk jasa pembuatan kado dari buatan
tangan masih sulit ditemukan.
Bisnis yang akan saya buat adalah jasa membuat kado (
handmade ) sesuai keinginan pembeli. Bisnis ini termasuk kedalam bisnis
individu karena termasuk kerajinan tangan dimana dapat dilakukan hanya dengan
satu orang.
Bagaimana rencana untuk bisnis handmade ini?
Dalam rencana bisnis yang saya buat,
mencakup hal-hal yang perlu diketahui dan target penjualan yang saya dapatkan.
Beberapa item yang biasa dicantumkan adalah :
-
Besarnya modal biaya
-
Modal kreativitas
-
Alat dan Bahan
-
Designer
-
Marketing
-
Database
-
Distributor
-
Jaringan internet
-
Listrik
-
Rencana harga jual
· Semua
pelanggan dapat memilih atau meminta sesuai keinginan sendiri untuk design
kado.
· Pelanggan
dapat video stop motion dengan gratis, tetapi dengan pemesanan minimal sebulan sebelum pengiriman.
· Cocok untuk anak – anak yang ingin memberi
hadiah berkesan pada orangtuanya, untuk remaja sampai orangtua.
· Untuk video, kami menambahkan
flashdisk didalam paket kado yang telah dibuat.
· Pelanggan
harus mengeluarkan biaya sesuai kerumitan pembuatan kado.
· Kado dengan model ini
sekarang banyak dicari karena terjangkaunya harga dan uniknya tampilan kado
yang membuatnya berkesan.
· Online
· Menggunakan akun
sesuai media social yang tersedia untuk penerimaan order : Instagram, Whatsapp
dan BBM.
· Pre-order
· Konvensional
· Di
distribusikan di social media
Semakin besar biaya
yang dikeluarkan, semakin menjamin mutu kado yang dibuat. Dengan perencanaan
yang baik, biaya dapat ditekan dan mutu bahan dapat ditingkatkan.
· Besarnya
biaya alat dan bahan
· Besarnya
anggaran biaya dan waktu untuk membuat sesuai keinginan pemesan
Membuat Bisnis Plan Berfokus Pada Management Strategic
Analisis SWOT
Aspek Pemasaran
1. Strength
Bila kita melihat kecenderungan generasi sekarang yang
sangat doyan berbelanja online, saya yakin dalam aspek ini tidak perlu
dipertanyakan lagi. Dengan barang yang kelas menengah saja sudah dapat menarik
perhatian pelanggan yang cukup banyak. Meskipun banyak sekali barang – barang
yang dapat dijadikan hadiah/kado yang ada di pasaran, dengan pemasaran yang
benar kita dapat menarik pelanggan yang memuaskan.
· Gambaran
Umum Pasar ( STP ) :
Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha
kita. Disini saya menggambarkan konsumen kita sebagian besar dari kalangan
remaja
Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen
potensial dari usaha kita. Target pasar yang saya kejar dalam business online
shop ini adalah konsumen kita sebagian besar dari kalangan remaja yang gemar
berbelanja yang berbasis online.
Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita
diantara pesaing usaha yang sejenis. Disini kita harus dapat menempatkan diri
dalam persaingan usaha yang akan kita buat. Dimana persaingan dilakukan dengan
cara sehat dan tidak menghancurkan pesaing bisnis dengan cara yang tidak sehat.
Tapi pada kenyataannya, bisnis online shop sangatlah brutal dalam menyikapi
saingan. Hukum rimba selalu diberlakukan didalam bisnis ini.
2. Weakness
Selain banyak kelebihan dalam bisnis online, terdapat juga
beberapa kelemahan fatal yang harus kita perkirakan. Beberapa kelemahan yang
harus diperhatikan antara lain :
a. Kesesuaian hasil
dengan keinginan pembeli
b. Kemampuan meng-handle
proses pemesanan
c. Pengembangan model
sesuai keinginan pasar/pelanggan
d. Keamanan data di
server
e. Kelancaran jalur
transfer data saat pemesanan
f. dll
3. Opportunities
Penawaran
Banyak sekali yang dapat ditawarkan pada pelanggan dalam
menarik perhatian mereka, seperti contoh – contoh hasil yang unik dan menarik,
bonus, event-event yang diadakan baik untuk pelanggan maupun calon pembeli.
Permintaan
Menurut pengamatan saya yang pernah menjadi konsumen,
permintaan akan kebutuhan ini tidak akan sepi peminat karena perubahan gaya
hidup sekarang yang cenderung ke hal – hal yang unik, maka peminat tidak akan
berkurang, hanya bagaimana cara kita menyikapi keinginan pelanggan sehingga
kita dapat mendapatkan keuntungan dari mereka.
Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual
dalam waktu 6 bulan disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran. Dalam
business plan kali ini saya merencakan penjualan dalam jangka pendek karena
untuk membesarkan suatu online shop ini hanya membutuhkan waktu yang cepat,
kecuali dengan kondisi pelanggan yang tinggi dan dengan selalu mengikuti
permintaan pelanggan.
KOMENTAR
Kelebihan bisnis
ini adalah belum banyaknya pesaing dan jasa penyedia barang yang menjual
dipasaran, harga yang terjangkau, bentuk yang unik, dapat menerima tawaran
sesuai keinginan masing – masing pelanggan, adanya video yang dapat diputar di
TV pintar atau laptop dalam bentuk stop motion, dan terdapat satu flashdisk
yang dapat berguna dikemudian hari untuk kegiatan lainnya.
Kekurangan, lamanya
proses pembuatan dan ketidak sesuaian dengan permintaan pelanggan karena waktu
yang padat dengan orderan atau terhambat dan terlambatnya pemasokan barang
untuk bahan, terlambatnya waktu pengiriman.
Referensi :
http://www.wartawirausaha.com/2014/02/menyusun-rencana-bisnis-yang-baik/
http://www.ciputraentrepreneurship.com/rencana-bisnis/menyeimbangkan-ketegasan-dan-kepekaan-dalam-bisnis
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modulrencanastrategis/materi4_analisisswot.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar